Lawang Sewu, Semarang - Tempat Wisata Sejarah Hingga Uji Nyali

Wisata Sejarah Lawang Sewu - Lawang Sewu adalah salah satu landmark terkenal di kota Semarang. Sebuah gedung yang terletak di bundaran Tugu Muda Semarang ini merupakan saksi sejarah Kota Semarang. Mulai dibangun oleh Belanda pada tahun 1904 hingga selesai pada tahun 1907. Pada awalnya oleh Belanda gedung ini digunakan sebagai kantor Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS.

wisata lawang sewu semarang
Lawang Sewu, Semarang

Kenapa disebut Lawang Sewu?

Masyarakat sekitar menyebutnya Lawang Sewu karena gedung ini mempunyai banyak pintu serta jendela yang sangat tinggi dan lebar, yang oleh masyarakat dianggap seperti pintu (Bhs. Jawa: lawang). Pada kenyataannya jumlah pintu yang ada di dalam gedung ini tidaklah sampai seribu. Namun untuk gampangnya masyarakat sekitar memberikan sebutan Lawang Sewu (Seribu Pintu).

Sejarah Lain Tentang Lawang Sewu

PT Kereta Api Indonesia (KAI) dahulu pernah menggunakan bagunan kuno berlantai dua ini sebagai kantornya. Pada saat itu masih bernama Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia (DKARI). Tak hanya DKARI yang menggunakan Lawang Sewu, gedung ini juga pernah tercatat sebagai Kantor Badan Prasarana Komando Daerah Militer (Kodam IV/Diponegoro) serta Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Perhubungan Jawa Tengah.

Terjadinya Pertempuran Lima Hari di Semarang pada tanggal 14 Oktober - 19 Oktober 1945 juga menjadikan Lawang Sewu sebagai catatan sejarah tersendiri. Gedung ini digunakan sebagai markas pemuda AMKA (Angkatan Muda Kereta Api) saat melawan Kempetai dan Kidobutai dari Jepang. Dan oleh sebab itu Lawang Sewu oleh Pemkot Semarang dimasukkan dalam salah satu dari 102 bangunan kuno bersejarah di Kota Semarang yang harus dilindungi.

Lawang Sewu sebagai Lokasi Wisata Sejarah Hingga Uji Nyali

Saat ini bangunan tua tersebut telah mengalami tahap konservasi dan revitalisasi yang dilakukan oleh Unit Pelestarian benda dan bangunan bersejarah PT Kereta Api Persero.

Apabila Anda ingin mengunjungi Lawang Sewu  sangatlah gampang, karena letaknya yang masih di tengah kota Semarang. Dan apabila Anda ingin mengetahui sejarah serta ruangan2 yang ada di dalam gedung tua tersebut bisa menggunakan jasa guide yang bnyak di Lawang sewu. Jadi sambil menikmati bentuk arsitektur gedung tua peninggalan Belanda tersebut, kita juga akan dijelaskan secara rinci tentang sejarah serta apa saja yang pernah terjadi di gedung tersebut.

Lawang Sewu juga dikenal dengan gedung seribu hantu, hal ini pernah terbukti pada saat acara Uji Nyali yang pernah diselenggarakan oleh salah satu stasiun TV swasta di Indonesia. Hal tersebut memang tidak bisa dipungkiri bahwasannya gedung-gedung tua peninggalan Belanda banyak yang berhantu. Jika menilik sejarahnya gedung-gedung tersebut dibangun pada masa penjajahan sehingga banyak terjadi pembunuhan pada masa itu. Gedung-gedung tersebut adalah saksi bisu apa yang pernah terjadi pada masa perjuangan.

OK, semoga artikel di atas bisa menjelaskan kepada Anda tentang Wisata Sejarah Lawang Sewu. Jika Anda ingin berkunjung/ liburan ke Semarang bisa menghubungi SemarangVIP
Diberdayakan oleh Blogger.